PENGEMBANGAN PANDUAN APLIKATIF PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF DI SEKOLAH DASAR NEGERI KABUPATEN NGANJUK

  • Nurani Rahmania STAI Miftahul Ula (STAIM) Nganjuk
Keywords: Penilaian Authentik, pembelajaran tematik

Abstract

This research and development aims to produce a product with the formulation of the problem: (1) Describing the product specifications of the authentic assessment applicative guidebook in class IV integrative thematic learning with the theme Kayanya Negeri ku, (2) Knowing the level of validity of the applicative guidebook for authentic assessment in class IV integrative thematic learning. the theme of Kayanya Negeri ku, and (3) Knowing the teacher's assessment of the applicative guidebook for authentic assessment in integrative thematic learning for class IV with the theme of Kayanya Negeri ku. The method used in this research is the research and development (RnD) method used to produce certain products. The design development of this assessment guide uses the Borg and Gall design model. The research subjects included 5 fourth grade teachers in 4 government target primary schools in implementing the 2013 Curriculum in Nganjuk Regency, namely SDN Banaran 1 Kertosono, SDN Baron 1, SDN Kemaduh 2, and SDN Mabung 2. equipped with an assessment instrument. The development of this assessment guide has obtained a valid qualification level. In the material aspect, the valid percentage is 96.7% and the design aspect is 98%. The teacher's assessment of the product after the trial was very good with the percentage score in the initial trial of 87.6% and in the field trial of 92.8%.

References

Aiman, Ummu. Evaluasi Pelaksanaan Penilaian Autentik Kurikulum 2013: Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tempel Sleman. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga. Tesis. 2015.
Arifin, Zainal. Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2014.
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar tahun 2015
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar tahun 2016
Eko, S. Putro Widoyoko, Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2014
Hadikusuma, Zaka Ramadan. 2015. Pengembangan Penilaian Autentik Berbasis Kurikulum 2013 di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kota Pekanbaru. Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan.
https://kbbi.web.id
Jihad, Asep. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo. 2013.
Kamiludin Kamiludin dan Maman Suryaman. Problematika pada pelaksanaan penilaian pembelajaran Kurikulum 2013. Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia, 5 (1), 2017
Khoiru, Iif Ahmadi dan Sofan Amri. Pengembangan & Modl Pembelajaran Tematik Integratif. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya. 2014.
Kunandar. Guru Profesional Implementasi KTSP dan Sukses dalam sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers. 2008.
Kunandar. 2014. Penilaian Autentik: Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers.
Latifatul Mida Muzamiroh. 2013. Kupas Tuntas Kurikulum 2013 (Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum 2013). Kota Pena
Leli Hasanah Lubis. Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Siswa di Kelas IV MIN Padang Bulan Rantauprapat. Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan. 2016
Majid, Abdul. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2014.
Majid, Abdul. Penilaian Autentik: Proses dan Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2014.
Materi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu
Mulyasa, E. Pengembangan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2013.
Muslich, Mansur. Authentic Assessment: Penilaian Berbasis Kelas dan Kompetensi. Bandung: PT Refika Aditama. 2011.
Rahmania, Nurani. Implementasi Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Tematik Integratif Kelas IV-B Sekolah Dasar Negeri Banaran 1 Kertosono Nganjuk. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Skripsi
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah lampiran I
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah, lampiran III
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 Tentang Standar Penilaian Pendidikan
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 104 Tahun 2014 tentang Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2015 Tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Salinan Lampiran III Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA
Sunarti dan Selly Rahmawati, Penilaian dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: ANDI. 2014
Syaodih, Nana Sukmadinata. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Published
2021-09-25
How to Cite
Rahmania, N. (2021). PENGEMBANGAN PANDUAN APLIKATIF PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF DI SEKOLAH DASAR NEGERI KABUPATEN NGANJUK. JURNAL LENTERA : Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi, 20(2), 231-241. Retrieved from http://ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/lentera/article/view/449