HASIL BELAJAR SKI MELALUI METODE COOPERATIVE SCRIPT DI KELAS X AGAMA MAN 1 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022

  • sri - wahyuni MAN 1 Nganjuk

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar SKI melalui strategi pembelajaran berbasis cooperative script pada siswa kelas XI Agama MAN 1 Nganjuk. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah Apakah metode pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan prestasi belajar SKI materi Bangsa Arab Pra Islam siswa kelas XI Agama MAN 1 Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran SKI materi Bangsa Arab Pra Islam melalui metode Cooperative Script pada siswa kelas XI Agama MAN 1 Nganjuk Tahun Pelajaran 2021/2022.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Tekhnik pengumpulan data ini menggunakan metode observasi, metode dokumentasi, dan metode tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Agama MAN 1 Nganjuk sebanyak 32 siswa. Dari hasil penelitian ini menujukkan bahwa nilai rata-rata siswa kelas XI Agama pada pra siklus 65,16, siklus I 69,84, siklus II 82,03, dan siklus III 93,12. Sedangkan untuk presentase kelulusan  pada pra siklus 31,25%, siklus I 62,5%, siklus II 84,4%, dan di siklus III 96,8%.

Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa metode pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan prestasi belajar SKI siswa kelas XI Agama MAN 1 Nganjuk.

 

Kata Kunci: metode pembelajaran, cooperative script, hasil belajar mata pelajaran SKI

 

Published
2021-09-25
How to Cite
wahyuni, sri. (2021). HASIL BELAJAR SKI MELALUI METODE COOPERATIVE SCRIPT DI KELAS X AGAMA MAN 1 NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2021/2022. JURNAL LENTERA : Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi, 20(2), 242-255. Retrieved from http://ejournal.staimnglawak.ac.id/index.php/lentera/article/view/436